Senin, 10 Mei 2010

Pentingnya Asesmen bagi Anak Berkebutuhan khusus

Oleh : Andri Sugeng P.,S.Pd

Asesmen adalah usaha atau proses untuk mendapatkan informasi mengenai kelebihan, kekurangan dan kebutuhan seseorang dengan menggunakan berbagai alat dan teknik, seperti pedoman observasi, wawancara, tes formal dan informal. Asesmen juga merupakan prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi/kinerja seorang yang hasilnya akan digunakan untuk evaluasi dan berbagai bahan pertimbangan dalam merencanakan program pembelajaran yang tepat dengan potensi yang ada pada diri anak seoptimal mungkin serta penempatan kelas dan jenjang yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Untuk memperoleh informasi tentang anak, maka perlu adanya perlakuan yang harus dilakukan, seperti : mengidentifikasi anak, identifikasi ini dilakukan untuk mengetahui hambatan yang ada pada diri anak dan menentukan klasifikasi kebutuhan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi anak berkebutuhan khusus.

Asesmen sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan, ini berarti dilakukan dengan cara pengamatan secara terus menerus tentang sesuatu yang diketahui, dipahami, dan yang dapat dikerjakan oleh siswa. Asesmen yang berkelanjutan bisa juga dilakukan melalui : observasi, portopolio, bentuk check list (keterampilan, pengetahuan dan perilaku) test dan quis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar